Contoh Tugas Akhir D3 "ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN ANGKA DAN ABJAD UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 1"

ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN ANGKA DAN ABJAD UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 1

Jurusan Manajemen Informatika
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika
Depok
2014
=============================================================

ABTRAKSI
Arvi Dwi Septian (12111xxx), Animasi Interaktif Pengenalan Angjta dan
Abjad Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas 1

Sistem pengajaran disekolah-sekolah saat ini masih menggunakan buku dan guru sebagai mediatornya. Pengajaran dengan metode tersebutmaka kualitas ilmu yang disampaikan cenderung monoton, kreativitas siswa tidak berkembang, dan suasana belajar membosankan. Oleh karena itu sebagai inovasi dan salah satu cara untuk mendekatkan siswa dengan sarana teknologi in forma si yaitu komputer, diperlukan  adanya  media pembelajaran berbasis  multimedia  yang dapat rnembantu kegiatan penyampaian maten kepada para siswa. Penulis mernbuat bahan penulisan di dapat dari hasil pengamatan, wawancara dan referensi buku-buku  dari  perpustakaan.  Adapun program yang  diambil  adalah  tentang pembelajaran pengenalan huruf dan angka, dun ana pembelajaran pada saat ini hanya dengan buku dan gum sebagai mediator. Maka penulis merancang suatu perangkat pembelajaran pengenalan huruf dan angka berbasis animasi interaktif. Dengan menggunakan perangkat pembelajaran tentu saja akan mempermudah dan mempercepat penyampain in form asi serta semakin menarik siswa untuk belajar tentang pengenalan huruf dan angka. Agar perangkat pembelajaran dapat berjalan dan menank, penulis bemsaha untuk merancang perangkat pembelajaran dengan animasi interaktif men ggunskan Adobe Flash CS5. Didalam Animasi ini terdapat materi daftar huruf, daftar angka, jenis huruf dan fungsmya serta latihan.

Kata Kunci: Animasi Interaktif, Pengenalan Angka dan Huruf

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Later BelakangMasalah
Dalam penyampaian rnaten di sebagian besar sekolah saat ini masih menggunakan si stem seperti sekolah-sekolah pad a umumnya, yaitu guru menyampaikan materi di depan kelas dengan sarana pap an tulis dengan kapur
ataupun spidol untuk rnemberikan contoh atau gambaran kepada siswa didiknya. Dengan penyampaian materi pelajaran seperti itu, kualitas ilmu yang tersampaikan kepada siswa cenderung monoton, kreativitas siswa tidak berkembang dan suasana kelas menjadi biasa saja.

Oleh karena itu sebagai inovasi dan salah satu cara untuk mendekatkan siswa
dengan sarana teknologi in form asi yaitu komputer, diperlukan adanya media
pembelajaran berbasis multimedia yang dapat membantu kegiatan penyampaian maten kepada para siswa. Diharapkan dengan penyampaian materi menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia ini akan lebih mudah dnngat karena indera para siswa lebih dipancing untuk semakin aktif, khususnya indera penglihatan dan pendengaran. Hal inilah yang menarik perhatian penulis untuk menjadikan sebagai bahan tugas akhir dengan mengambil judul :

NIMASI INTERAKTIF PENGENALAN ANGKA DAN ABJAD UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 1A


1.2 Maksud danTujuan

1. Adapun maksud dari penulisan tugas akhir ini Untuk mengetahui dan memahami tentang pembuatan-pembuatan permainan dan animasi interaktif melalui Adobe Flash CSS.

2. Mencoba mengembangkan pengetahuan tentang pembuatan animasi interaktif

3.  Menjadikan suasana belajar yang menyenangkan melalui animasi interaktif.

4.  Membuat / mempermudah dalam pengenalan angka dan abjad bagi siswa
kelas 1 SD.

5. Membuat media sosialisasi yang interaktif tentang pengenalan Huruf dan Angka dengan memanfaatkan teknologi multimedia agarmenarik, mudah dipahami serta mudah dimengerti.

Sedangkan tujuan dari penulisan tugas akhir mi adalah sebagai salah satu
syarat ke lulus an pada program Diploma Tiga (DIE) untuk program Studi Manajemen Informatika di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMK BSI) Jakarta.

full Download File Klik Here
sumber : http://elibrary.bsi.ac.id/

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 GO AGUS - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger