Contoh Tugas Akhir BSI "AMIMASI INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF PADA TAMAN KANAK - KANAK"

Nama : Dewi Febriyanti
Nim      :12111xxx

Jurusan Manajemen Informatika
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika
Jakarta
2014

   Sistem pengajaran disekolah-sekolah saat ini masih menggunakan buku dan guru sebagai mediatomya. Pengajaran dengan metode tersebut maka kuaEas ilmu yang disarnpaikan cenderung monoton, kreativitas siswa tidak berkembang, dan suasana belajar membosankan. Oleh karena itu sebagai inovasi dan salah satu cara untuk mendekatkan siswa dengan sarana teknologi informasi yaitu komputer, diperlukan adanya media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat membantu kegiatan penyampaian materi kepada para siswa.  Dan segi kegunaan, aplikasi media pembelajaran huruf ini dapat menjadi sarana altematif untuk memperkenalkan huruf Konsonan dan Vokal. Dengan dilengkapi animasi serta audio untuk setiap huruf yang bertujuan untuk membuat aplikasi ini menjadi lebih menarik, serta ditambahi dengan menu latihan soal yang dapat melatih pengetahuan pengguna akan huruf yang sudah
dipelajari.

Kata Kunci: Animasi Pembelajaran, Multimedia

=============================

BAB I

PENDAHULUAN

   Pendidikan perlu dimulai sejak dini, terlebih untuk mengejar ketertinggalan dalam menjawab tantangan era globalisasi, Melalui pendidikan usia dini dapat di bangun pilar-pilar sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan sumber daya manusia dari negara lain terutama masalah kualitas sumber daya manusia, Pendidikan anak usia dini harus berlandaskan pada kebutuhan anak, yang disesuaikan dengan nilai-nilai yang dianut di lingkungan sekitarnya, sesuai dengan tahap perkembangan fisik dan psikologis anak.

   Dengan mempelajari pekembangan ilmu yang sekarang ini berkembang
apalagi ilmu yang berbasis multimedia dengan menggunakan animasi sangat
berperan dalam belajar untuk meningkatkan kecerdasan Kecerdasan Linguistik,

kecerdasan kata-kata Logika matematika, kecerdasan nomor dan sebab-akibat Spasial, kecerdasan image dan gambar-gambar kecerdasan memahami sosial Intrapersonal, kecerdasan memahami diri sendiri. 

 Oleh karena itu perlu adanya inovasi baru untuk membuat aplikasi pembelajaran yang berkualitas. sebagai inovasi dan salah satu cara untuk mendekatkan siswa dengan sarana teknologi informasi yaitu komputer, diperlukan adanya media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat membantu kegiatan penyampaian materi kepada para siswa. penulis berusaha untuk mengenalkan pelajaran Bahasa Indonesia kepada  siswa usia dini dengan menawarkan pembelajaran berbasis multimedia yang menarik sehinga siswa tidak merasa jenuh belajar Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa Indonesia yang akan dibuat animasinya oleh penulis difokuskan pada pengenalan huruf, diharapkan dengan penyampaian mated menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia ini akan lebih mudah diingat karena indera para siswa lebih dipancing untuk semakin aktif, khususnya indera penglihatan danpendengaran.

   Oleh karena itu penulis terdorong untuk membuat sebuah program animasi
interaktif Pengenalan Huruf Pada Taman Kanak-kanak.

1.2.    Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dari penulisan tugas akhir ini:
1. Merancang aplikasi untuk pembelajaran anak yang edukatif dan interaktif
2. Menjadikan  suasana  belajar yang  menyenangkan  melalui animasi interaktif

   Sedangkan tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah sebagai salah satu
syarat kelulusan pada program Diploma Tiga (Dili) jurusan Manajemen Informatika di Sekolah Bina Sarana Informatika (BSI). 

1.3.    Metode Penelitian

Menjelaskan metode penelitian dan teknik pengumpulan data yan
digunakan untuk penyusunan TA.


Full Download File Klik Here
sumber  : http://elibrary.bsi.ac.id/


Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 GO AGUS - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger